Manusia berencana, Tuhan yang menentukan. Ya, saya percaya. Ada banyak hal yang diinginkan dan diusahakan, tapi kadang Tuhan meminta untuk bersabar, memberi waktu untuk menjumpai momen yang paling baik.

Tentang anak, dulu di masa penantian anak pertama yang cukup panjang (meski bagi sebagian orang belum lama-lama amat juga), begitu banyak pertanyaan tentang ‘kapan’. Dengan waktu tunggu 4 tahun, kami mungkin sudah menerima ratusan pertanyaan itu. Sampai kebal. Sungguh, hal ini pada akhirnya membuat kami percaya, Tuhan tidak bermain-main dengan amanah yang dititipkan. Kepada siapa dan kapan, bukan perkara manusia.

Saat kami merencanakan untuk umroh, kehamilan itu datang. Kami menunda umroh dan berencana berangkat setelah anak berumur 2 tahun, setelah Baby H bisa jalan dan cukup bagus fisiknya untuk diajak ikut serta.

Waktu bergulir. Ketika Baby H berumur  1,5 tahun, kami mulai mencari-cari waktu untuk umroh. Melaksanakan yang tertunda. Desember atau Januari, sepertinya waktu yang bagus. Sambil menunggu Baby H pas berusia 2,5 tahun, rasanya sudah pas. Qadarullah, ternyata kehamilan itu datang lagi. Dan, Desember menjadi bulan HPL kehamilan ini.

Ada rencana yang tertunda, ada rencana Tuhan yang lain yang harus kami tunaikan.

Pada titik ini, saya merasa, undangan ke Baitullah memang bukan sembarangan. Orang yang sudah berupaya, bisa saja belum dikehendaki. Kadang, ada pula yang tampak tidak mungkin berangkat, namun diberi keajaiban untuk tiba di sana.

Seperti halnya kehamilan. Baby H yang baru 20-an bulan, saat itu, ternyata sudah harus menerima calon adik yang dititipkan di perut mamanya. Padahal, jujur, jika menilik riwayat yang sudah saya alami, kadang muncul pesimisme bisa hamil kembali dalam waktu yang relatif tidak lama.

Kuasa Allah, yang membuat kita diberikan kekuatan dan amanah. Kuasa Allah pula, yang membuat kita harus bersabar untuk rencana-rencana yang belum terlaksana. Semoga kita termasuk orang-orang yang bersabar dan bersyukur.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2017 Anggrahini KD's Personal Blog - By LarisBanget.Com

Log in with your credentials

Forgot your details?